Rabu, 03 Juni 2009

Ujian Kubur -2

.... Pada bagian pertama telah dijelaskan tentang balasan terhadap mereka yang beriman, kini kita akan melanjutkan hadits Rasulullah SAW tentang ujian kubur.

Rasulullah SAW bersabda :"Sedangkan sesungguhnya hamba yang kafir, jikalau akan terputus menuju akhirat, turun dari langit para malaikat kepdanya dengan wajah hitam sambil membawa kain kasar, lalu mereka duduk didekatnya sepanjang mata memandang, kemudian menghadaplah Malakul maut hingga duduk di bagian kepalanya seraya berkata 'Hai jiwa yang buruk , keluarlah menuju murka Allah'. Nabi SAW bersabda : "Malakul maut menggerayangi jasadnya dengan kasar, lalu mencabutnya seperti mencabut besi penusuk daging bakar dari wol basah. Malakul maut mengambilnya, ketika dia telah mengambilnya maka para malaikat tidak menunggu sekejap mata lalu diambil dari tangan Malakul maut dan dimasukkan ke kain kasar itu, keluar darinya bau yang sangat busuk sperti bau bangkai terbusuk di muka bumi. Mereka membawanya naik sehingga tidaklah mereka memabawanya melewati suatu kelompok malaikat melainkan para malaikat itu berkata 'Apa ruh yang busuk ini??' Malaikat yang membawa menjawab, 'fulan bin fulan' (dengan namanya yang terburuk didunia). Sampai tiba dilangit dunia, maka dimintakan untuk dibuka (pintu) namun tidak dibukakan baginya. Lalu Rasulullah SAW membaca ayat :

"Sekali-kali tidak akan dibukakan bagi merka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, sehingga unta bisa masuk kelubang jarum." (QS. Al-A'raf : 40)

Maka Allah SWT berfirman :"Tuliskan catatannya di sijjin bumi yang terndah", lalu ruhnya dilemparkan begitu saja, Rasulullah SAW membaca ayat :

"Barang siapa mempersekutukan dengan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh." (QS. Al-Hajj: 31)

Ruhnya dikembalikan kejasadnya, lalu dua Malaikat datang mendudukkannya seraya bertanya, 'siapa Rabbmu??' Ia menjawah, 'Ah...ah...saya tidak tahu', keduanya bertanya, 'Apa dienmu??' Ia menjawab 'Ah...ah...saya tidak tahu', keduanya bertanya, 'siapa lelaki yang pernah diutus kepada kalian itu?', Ia menjawah, 'Ah...ah...saya tidak tahu', maka terdengar seruan dari langit, "Dia dusta, berikan dia tikar dari neraka dan bukakan baginya pintu neraka, maka ia di datangi oleh panas api neraka dan anginnya, disempitkan baginya kubur sehingga terjepit saling bertaut tulang rusuknya. Kemudian ia di datangi oleh seorang laki-laki berupa jelek, berpakaian buruk, dan berbau busuk seraya berkata, 'Bergembiralah dengan kesengsaraanmu, inilah harimu yang dahulu diancamkan', ia berkata:'Siapa engkau, wajahmu membawa keburukan??', Dia menjawab 'Akulah amalanmu yang buruk', Ia berkata 'Whai Rabb, janganlah Engkau menegakkan hari Kiamat."

Wahai kaum Muslimin pelajarilah dan renungkanlah baik-baik hadits ini, karena hadits ini mengandung pelajarang yang sangat berharga bagi mereka yang menggunakan akal pikirannya. Kenalilah Rabbmu,,, kenalilah Nabimu,,, kenalilah agamamu,,, karena semuanya akan dipertanyakan dihadapan Allah SWT. semoga kita termasuk golongan yang diselamatkan oleh Allah SWT dari azab kubur. Amin. Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar