Kamis, 25 Juni 2009

Tradisi yang menjerat akal

BODOH

Bodoh adalah sesuatu yang paling dibenci oleh Allah SWT, karena Allah telah memberikan mata, telinga, dan akal untuk dipergunakan dalam aturan-aturan Allah. Orang bodoh juga dikatakan gelap gulita karena tidak dapat membedakan mana yang haq dan mana yang bathil.

Dimasa Rasulullah SAW masyarakat Arab disebut masyarakat jahiliyah karena tidak mengerti peraturan-peraturan dan agama yang benar. Contohnya ialah Abu Jahal dan Abu Lahab. Tetapi setelah Rasulullah SAW datang membawa firman Allah SWT, orang-orang yang beriman dikeluarkan dari kebodohan menuju kepandaian dan berada dalam jalan yang benar.

"Alif, laam raa. (ini adalah) kitab yang mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan izin Rabb mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji"

Dengan Kitab Itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus."

Disadur dari buku :Sebagian kaum Muslimin masih nikmat dalam kebodohan oleh: Drs. Mahyuddin HS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar